Beranda Ruang Cerpen Syekh Mukhlisin : Penampakan

Syekh Mukhlisin : Penampakan

Ari Pahala Hutabarat

137
0
BERBAGI
sumber gambar : http://www.virtueinthewasteland.com

sekarang orang2 sudah malas menghilang, mereka banyak mengamalkan Ilmu Penampakan atau Ilmu Tampak; tampak ulama, tampak sufi, tampaknya guru atau dosen, tampaknya seniman

Syekh Mukhlisin berceloteh:
“saat ini telah berlangsung pergeseran paradigma yang lumayan norak dan ekstrem, mulai dari soal epistemologi sampai ke soal nilai guna dan fungsi serta cara memandang dan menjalani kehidupan”.

“Pada jaman Kangouw dan era baheula dahulu yang amat diminati untuk dipelajari dan dimanfaatkan adalah Ilmu Menghilang, maka aji-aji untuk untuk lolos dari kepungan lawan dan untuk masuk secara aman ke kamar banyak diproduksi–dengan pendekar Ninja sebagai contoh kongkrit dan ideal. Namun sekarang sebaliknya, Ilmu Menghilang jadi tak relevan. Yang amat diminati untuk dipelajari dan dipraktikkan adalah Ilmu Penampakan.”

“Aku kurang nyambung, Syekh” ujar Sutopo. Sedangkan Moh Stamper, Budi, dan Subandi manggut2 dan menarik nafas dalam-dalam.

“Maksudnya sekarang orang-orang sudah malas menghilang, mereka banyak mengamalkan Ilmu Penampakan atau Ilmu Tampak; tampak ulama, tampak sufi, tampaknya guru atau dosen, tampaknya seniman, tampak penyair, tampak ngerti teater, tampak intelektual, tampaknya politisi dan negarawan, tampak bijaksana dan penuh cinta, tampak ngurusin rakyat, tampak peduli dengan kebudayaan lokal dan tradisional, tampak ber-teman, tampak sangar dan militan, tampak sudah kenal tuhan sekaligus tampak nyari tuhan, tampak kaya, tampak wartawan, tampak dermawan, dan lain-lain– yang kesemuanya bisa kita lanjutkan dengan kata: padahal….”

“Paham…..!” ujar Sutopo, Moh Stamper, dan Subandi serentak.

“Sekarang menurut kalian, aku sedang mengamalkan ilmu apa. Ilmu Menghilang atau Ilmu Tampak?”

“Keduanya, Syekh!” kata Moh Stamper semangat.

“Maksudnya?”

“Syekh adalah Ninja–yang tampak tua dan bloon!” ujar Stamper, Sutopo, dan Subandi kompak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here