PROFILE

KLASIKA adalah akronim dari Kelompok Studi Kader, secara istilah mengambil dari kata klasikal, yang berarti sebuah ruang untuk belajar bersama-sama.  KLASIKA merupakan lembaga pendidikan alternatif yang didirikan oleh Chepry Chaeruman Hutabarat sejak 30 September 2016 sebagai pusat kajian intelektual bagi anak-anak muda di Provinsi Lampung. Berlokasi di Jl. Sentot Alibasa Gg. Pembangunan A5/E No. 121 Way Dadi, Sukarame, Bandar Lampung /35131 yang kami sebut dengan Rumah Ideologi Klasika.

Hadirnya KLASIKA bertujuan untuk terus merawat tradisi-tradisi intelektual serta  menjaga nalar kritis anak muda agar dapat melihat perkembangan zaman secara lebih kritis dan mampu mem-filter segala kemajuan zaman secara lebih bijaksana. Hal inilah yang menjadi konsentrasi kami, karena perkembangan zaman terutama kemajuan teknologi dan informasi akhir-akhir ini membuat manusia hanya melihat informasi yang ia terima sebatas permukaan, tak ada kemauan untuk menggali kekedalaman. Ihwal inilah yang sekiranya mendorong KLASIKA untuk menghadirkan ruang belajar alternatif yang serius dan mendalam.

Visi KLASIKA adalah menciptakan sebuah ruang belajar dengan kembali menggalakkan tradisi-tradisi intelektual seperti membaca, menulis, dan berdiskusi yang akhir-akhir ini semakin sulit dijumpai dikalangan anak-anak muda. Kami perlu menegaskan visi ini, karena kondisi anak muda Indonesia saat ini telah diimpit oleh kebahagian artifisial yang diciptakan oleh kemajuan teknologi dan informasi.

Untuk mewujudkan hal di atas, KLASIKA telah melaksanakan kegiatan yang mengikutsertakan anak-anak muda untuk berperan aktif partisipatoris dalam membincang persoalan bangsa yang kian hari kian kompleks. Namun, sebelum membincang persoalan bangsa dan memberikan perubahan bagi masyarakat, anak-anak muda perlulah dibekali dahulu pisau analisis agar dapat melihat realitas secara lebih utuh yang dibingkai dalam suasana belajar dialogis yang mencerdaskan. Karena kami percaya, niat baik saja tidak cukup untuk memberikan perubahan, niat baik haruslah disertai dengan ilmu yang memadai. Maka KLASIKA mengusung moto aksi-refleksi-aksi.

Dalam pemrograman, KLASIKA memprioritaskan tradisi-tradisi intelektual yang berasal dari berbagai sumber pemikiran, aliran, mazhab, dan agama. Karena bagi kami, setiap ilmu pengetahaun merupakan khazanah warisan dari perjalanan panjang peradaban manusia, yang perlu dihormati dengan mempelajarinya. KLASIKA mengajak anak-anak muda untuk melatih proses belajar yang dialektik dengan harapan dalam berberapa tahun mendatang akan melahirkan intelektual kritis.

Dalam menjalankan program-programnya, KLASIKA bekerja sama dengan berbagai lembaga dan organisasi kepemudaan, terutama lembaga dan organisasi yang sevisi dengan KLASIKA. Dalam satu tahun, KLASIKA menghelat beberapa program  seperti DialoKlasika, Haul Gus Dur, KURMA (kuliah ramadan), Kelas Desain Grafis, BincangSore (diskusi tentang isu yang sedang hangat, maupun pemikiran tokoh), Kelas Menulis, dan Program ini secara berkala dilaksanakan oleh KLASIKA.

Di samping program yang diadakan secara reguler seperti yang telah disebutkan di atas, saat ini KLASIKA memiliki program unggulan yang kami sebut dengan Kelas Mondok. Kelas Mondok merupakan program yang memberikan ruang belajar selama 40 hari kepada para peserta untuk membaca, menulis, dan berdiskusi berbagai aliran pemikiran yang berasal dari berbagai sumber, barat hingga timur. Program ini sebagai perwujudan pembelajaran yang serius dan mendalam, karena kami percaya bahwa pembelajaran atau pelatihan yang dihelat dalam waktu satu atau dua hari saja tidak akan berarti banyak dan KLASIKA telah meninggalkan cara belajar formalis simbolistik semacam itu.

%d blogger menyukai ini: