Beranda Jalan Berita Klasika Segera Launcing Buku “Gus Dur & Catatan Yang Hilang Makna”

Klasika Segera Launcing Buku “Gus Dur & Catatan Yang Hilang Makna”

98
0
BERBAGI

Bandar Lampung. Menjelang pesta demokrasi 2019 Kelompok Studi Kader (KLASIKA) akan segera meluncurkan buku dengan judul “Gus Dur & Catatan Yang Hilang Makna: Mengurai 9 Nilai Utama KH. Abdurrahman Wahid”. Buku yang ditulis oleh founder Klasika, Chepry Chaeruman Hutabarat dkk ini merupukan kumpulan esai yang membahas 9 nilai utama dari seorang Gus Dur. Seperti ketauhidan, kesetaraan, kemanusiaan, keadilan, persaudaraan, pembebasan, kesederhanaan, keksatriaan, dan tradisi lokal yang ditullis oleh para penggiat Klasika sekaligus pengagum sosok Gus Dur.

Hadirnya buku ini berangkat dari kegelisahan Klasika dalam melihat beberapa peristiwa yang terjadi menjelang tahun politik. Ketika perbedaan dijadikan alat oleh segelintir orang untuk meraup suara. Padahal perbedaan adalah sunatullah, yang harus diterima sebagai anugerah. Sebagaimana yang dikatakan oleh Gus Dur “Tidak ada pembeda kepada setiap warga negara Indonesia berdasarkan agama, bahasa ibu, kebudayaan serta ideologi”. Karena kesemuanya merupakan  pemberian Sang Khalik. Dan tak mungkin diingkari, apalagi diperalat untuk memecah belah anak bangsa semata untuk meraih kekuasaan.

Kasus yang menimpa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) adalah salah satu contoh betapa mengerikannya ketika perbedaan dijadikan alat untuk merengkuh kekuasaan. Ribuan massa dimobillisasi untuk menggulingkan kekuasaan. Penggunaan politik identitas begitu mengkhawatirkan menjelang tahun politik, ditambah lagi dengan maraknya hoax dan ujaran kebencian akhir-akhir ini yang menyertainya.

Berangkat dari realitas terebut, buku ini hadir ditengah-tangah kita semua, dengan mencoba menelaah beberapa fenomena yang terjadi di negeri ini. Dengan menjadikan pemikiran Gus Dur sebagai pisau analisis untuk melihatnya. Bukan hanya pemikiran, namun tindakan Gus Dur pun tak luput menjadi bahan diskursus oleh para penulis dalam melihat realitas dan mencoba menjadikan sosok Gus Dur sebagai tauladan dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara yang plural seperti Indonesia.

Buku ini diharapkan menjadi penyejuk di tengah panasnya tahun politik serta menjadi bahan diskursus bagi anak-anak muda dan para Gusdurian di seluruh Indonesia. Buku ini dibanderol dengan harga Rp. 70.000 selama pre-order  6-25 Maret 2019. Pemesanan dapat menghubungi narahubung 0858 4168 1459 (Yuni Sukma – @klasikalampung) dan 0856 6977 5773 (Devin- Lampung literature) atau datang langsung ke rumah ideologi klasika di Jl. Sentot Alibasa. Gg Pembangunan E/A5. No 121 Way Dadi, Sukarame, Bandar Lampung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here