Beranda Ide Agama Jaga Silaturahmi, KLASIKA sambangi Pondok Pesantren Darul Falah

Jaga Silaturahmi, KLASIKA sambangi Pondok Pesantren Darul Falah

188
0
BERBAGI

Alhamdulillah, KLASIKA (Kelompok Studi Kader) pada Senin malam (17/06), berkesempatan untuk menyambung silaturahmi dengan Kyai Irmansyah di Pondok Pesantren Darul Falah, Batu Putu, Bandar Lampung. Setibanya di pondok, kami disuguhi jamuan kopi dan makanan yang insyaallah menjadi berkah.

Dalam perbincangan sembari ngopi, beliau memberikan refleksi yang sangat segar ihwal realitas sosial, politik, budaya, pendidikan dan banyak lagi menggunakan kacamata Islam yang Rahmatan Lil Al-Amin.

Beliau juga menyampaikan bahwa dalam ilmu Nahwu Sorof kita dapat mempelajari realitas. Menurutnya, bahasa mewakili situasi dan realitas yang sedang berlangsung.

Tak ketinggalan, beliau juga menyampaikan pandangannya tentang sosok KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Beliau sangat mengagumi Gus Dur terutama ihwal kesederhanaannya. Karena sederhana, sesuatu masalah yang rumit mampu dijadikan mudah oleh Gus Dur, sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan. Karena kesederhanaanya juga, menjadikan Gus Dur sebagai pribadi yang jujur dan mencintai semua manusia.

Selain itu, Kyai Irmansyah juga menyampaikan bahwa ketika beliau masih berstatus sebagai mahasiswa, beliau memiliki gaya yang nyentrik: rambut gondrong dan memakai celana jeans, namun walaupun begitu beliau tetap melakukan dakwah di kampus. Dari cerita tersebut, beliau juga berpesan kepada para mahasiswa, agar jangan berhenti berdakwah walau dalam keadaan apapun.

Di akhir pertemuan, Chepry Chaeruman Hutabarat selaku Founder KLASIKA memberikan buku karya teman-teman KLASIKA yang berjudul “GUS DUR & CATATAN YANG HILANG MAKNA” kepada Kyai Irmansyah dan sebaliknya Kyai Irmansyah juga turut memberikan sebuah buku kepada pendiri KLASIKA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here