Berlayar Mencari Teman Bersama Monkey D Luffy

Monkey D Luffy adalah tokoh utama dalam serial anime One-Piece. Luffy yang memiliki ciri khas memakai topi jerami  adalah kapten dari kapal Going Merry. Sebagai kapten dia memiliki tujuan untuk menaklukan rute laut terbesar yang disebut Grand Line. hal itu ia lakukan untuk menjadi Raja bajak laut dan menemukan harta karun bernama One Piece.

Luffy adalah tipe orang yang tak bisa tinggal diam ketika ada yang sedang membutuhkan bantuan, siapapun itu. Dalam setiap pelayarannya melewati berbagai pulau-pulau yang  ia singgahi, Luffy selalu meninggalkan kesan dari tindakannya. Salah satunya pada serial One Piece episode 37, Luffy membebaskan Nami yang terpaksa harus tunduk pada kelompok bajak laut Arlong.

Desa Kokoyashi, tempat Nami diadopsi dan dibesarkan penuh kasih sayang, selalu diancam oleh gerombolan bajak laut Arlong. Semua warga desa harus membayar pajak untuk sekedar bisa hidup, jika tidak mampu membayar maka akan ditangkap dan dibunuh.

Arlong pernah berjanji pada Nami akan membebaskan desa Kokoyashi dengan syarat membayar sejumlah tebusan. Demi membebaskan desa dari kekejaman Arlong, Nami bersusah payah mengumpulkan uang tersebut dengan berbagai cara. Ketika telah terkumpul, Arlong mengingkari janjinya. Arlong merampas paksa uang yang telah dikumpulakan Nami selama bertahun-tahun.

Nami tak berdaya, Arlong terlalu kuat untuk ia lawan. Nami kecewa pada dirinya sendiri karena yang tak sanggup menyelamatkan desa yang telah menyayanginya, ia merasa sedih yang begitu mendalam. Melihat kesedihan Nami, Luffy tak tinggal diam, ia mengambil sikap bahwa tidak ada yang boleh menyakiti teman-temannya. Luffy akan melawan Arlong yang terkenal sebagai bajak laut terkuat di perairan East Blue. Luffy tak pernah gentar apalagi menyerah dalam menghadapi musuh-musuhnya, ia selalu berjuang sepenuh tenaga tak perduli apapun resikonya.

Akhirnya, Luffy berhasil mengalahkan pasukan bajak laut Arlong. Di sisi lain, ia juga telah membebaskan desa Kokoyashi dari ketakutan dan penindasan yang terjadi selama bertahun-tahun.

Monkey D Luffy,  mendapatkan banyak teman dan menjadikan Nami turut serta sebagai Navigator dalam Kapal Going Merry, berlayar menuju Grand Line.

Bagi kita, mungkin tak jauh berbeda dengan Monkey D Luffy. Kita Sebagai manusia, harus menjadi manfaat bagi orang lain. seperti yang diamanatkan oleh Nabi SAW.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

Sebaik-baiknya Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain”

agar menjadi bermanfaat, tentu kita harus menggunakan kemampuan kita dalam berpikir dan bertindak untuk kepentingan orang lain dalam hal ini untuk kemaslahatan bersama.

Seperti Monkey D Luffy, selalu membantu siapapun yang membutuhkan. dikehidupan kita begitu banyak hal serupa yang kita temui, permasalahan-permasalahan yang dialami oleh teman-teman kita sendiri. Disanalah kita bisa bertindak memberikan kesan sebagai sebaik-baiknya manusia.

Tulis sesuatu

%d blogger menyukai ini: