Arah Muktamar NU ke-34

Sebelum membaca ulasan ini, saya berharap anda bisa menyiapkan sesuatu yang bisa membuat pikiran anda tenang dan adem untuk menikmati ulasan ini.

Menjelang Muktamar NU ke-34 yang rencananya akan digelar di akhir Desember 2021 mendatang, banyak media yang sudah mengulas soal analisisnya tentang kontestasi Muktamar NU tersebut. Apa yang dibahas? Tidak lain dan tidak bukan adalah soal siapa-siapa kandidat yang akan berkontestasi pada Muktamar NU mendatang.

Meski sebenarnya, bahasan dalam Muktamar NU bukan semata-mata soal pemilihan kandidat Ketua Umum, tapi nyatanya yang ramai diperbincangkan di berbagai media ya itu-itu saja.

Seru? Ya. Membahas kontestasi Muktamar memang seru. Tapi apakah yang dibahas di media-media itu valid? Belum tentu.

Makanya, saya ingin mengulas soal arah Muktamar NU ke-34 yang belum diulas oleh media-media di Indonesia. Begitu pula para pengamat, bahkan pakar sekalipun. Kenapa? Karena tak semua bisa mengetahui arah Muktamar NU ke-34 yang sesungguhnya.

Baiklah, saya mulai!

Harus diakui, arah Muktamar NU ke-34 memang tak terlalu simpel tapi juga terlalu sulit. Tapi ada titik temu yang menjadikannya mudah.

Pertama, bagi anda yang berangkat dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta maupun Jawa Barat, maka arah Muktamar ke-34 ke mana? Arah Muktamar NU ke-34 adalah ke arah Barat melewati provinsi Banten. Tepatnya di Pelabuhan Merak, kemudian anda menyeberang menggunakan kapal feri menuju ke Bakaheuni.

Jelas, turun dari kapal, anda sudah tiba di Lampung. Ini berlaku bagi anda yang pakai kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Tapi bagi anda yang ke arena Muktamar dengan pesawat, bisa terbang dari Surabaya- Lampung, Semarang – Lampung, atau Jakarta Lampung. Tinggal cari saja, yang mana yang ada. Dan rata-rata arah penerbangan ke Lampung dari kota-kota ini akan transit terlebih dahulu di Jakarta, sebelum melanjutkan perjalanan menuju Bandar Udara Raden Inten.

Kedua, bagi anda yang berangkat dari Kalimantan, Sulawesi dan Papua, sama. Arah Muktamar ke-34 adalah ke Barat. Kalau naik pesawat, setahu saya banyak yang harus transit ke Jakarta terlebih dahulu, sebelum menuju Lampung.

Ketiga, bagi anda yang berangkat dari arah utara Lampung, seperti Aceh, Sumatera Utara dan sekitarnya, maka Arah Muktamar NU ke-34 adalah ke selatan.

Nah, mungkin anda penasaran. Kira-kira kalau sudah sampai Lampung terus arahnya kemana? Nah, kalau sampai detail seperti itu, lebih baik anda tanyakan ke panitia Muktamar bagian transportasi biar arahnya lebih tepat.

Begitu kira-kira Arah Muktamar NU ke-34 yang belum dibahas oleh media-media, termasuk para pengamatnya. Demikian, semoga mencerahkan !!!

Tulisan ini sudah diterbitkan pada akun Facebook penulis Selamet Tuharie

Tulis sesuatu

%d blogger menyukai ini: